Latar
Belakang
Lazada merupakan top online retailer di
Indonesia. Lazada memberikan Pelanggan kemudahan untuk membeli segala produk
yang berkaitan dengan elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan
dan kecantikan hanya dengan mengakses ke situs Lazada.
Dengan fasilitas pre-order, Pelanggan akan
memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang diinginkan. Dapatkan pula berbagai diskon
dengan potongan harga termurah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik
untuk Pelanggan. Informasi mengenai segala produk yang diinginkan juga bisa didapatkan
dengan mudah di website Lazada untuk kenyamanan berbelanja.
Produk pesanan dapat diantar ke rumah
Pelanggan dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas produk yang terbaru
dan terbaik. Dengan pembayaran melalui kartu kredit, transfer antarbank, dan
bayar di tempat (Cash on Delivery), Lazada menawarkan metode pembayaran yang
pastinya mudah dan aman demi kenyamanan berbelanja.
Deskripsi
Selamat datang di Lazada.co.id ("Situs"). Syarat
dan ketentuan berlaku untuk situs, PT. Ecart Services Indonesia, dan semua
divisi, anak perusahaan, serta afiliasi situs Internet yang berdasarkan
referensi Syarat & Ketentuan. "Lazada" berarti PT. Ecart Service
Indonesia, sebuah perusahaan berbasis di Jakarta yang berlokasi di Menara
Bidakara I Lt. 16 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 71-73 Jakarta Selatan. Lazada
merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh Jade 1362. GmbH & Co. Zweite
Verwaltungs KG, sebuah perusahaan yang terdaftar di Jerman. Pembayaran kartu
kredit internasional yang dilakukan di website ini akan diproses oleh penyedia
layanan pembayaran, sebuah perusahaan yang terdaftar di Belanda.
PROSES BISNIS:
1. Marketing
Marketing yang dilakukan oleh Lazada agar menarik minat
pelanggan adalah dengan memasang iklan di media social contohnya Facebook dan
Youtube. Dan strategi yang dilakukan selanjutnya adalah dengan memberikan
discount khusus bagi pelanggan yang sudah menjadi member di Lazada, discount
hingga sebesar 30% hanya untuk pelanggan Lazada. Dan memberikan kupon belanja
gratis sebesar Rp. 50.000 kepada member tiap hari besar nasional agar para
pelanggan tidak cepat bosan dan tetap berbelanja di Lazada.
2. Pelayanan
1. Kami
menyediakan produk premium dengan sepuluh kategori: Elektronik, Buku, Telepon
Seluler, Komputer, Perlengkapan Rumah Tangga, Mainan dan Peralatan Anak- Anak,
Kosmetik dan Kesehatan, Tas & Koper, Olahraga dan Otomotif, & Musik dan
Instrumen. LAZADA menyediakan segala produk yang anda butuhkan di tiap
kategorinya.
2. Kami menawarkan
discount dan harga yang menarik. Hanya di Lazada kami menyediakan berbagai
produk dengan harga spesial. Kami menawarkan harga yang kompetitif dibandingkan
retailer lainnya.
3. Lazada
Indonesia sebagai pusat belanja online terlengkap dan terpercaya di Indonesia
dengan kemudahan gratis ongkos kirim. Kurir profesional dan eksklusif kami akan
mengantar barang pesanan Anda dengan cepat dan aman.
4. Kami juga
menyediakan pembayaran dengan uang tunai sehingga Anda dapat melakukan
pembayaran saat barang Anda terima.
3. Pembayaran
Lazada memberikan kemudahan kepada Anda dalam bertransaksi
dan berbelanja. Kami menyediakan tiga metode pembayaran yang menjamin
kenyamanan dan keamanan Anda. Dengan berbelanja di Lazada, Anda dapat memilih
metode pembayaran yang Anda inginkan dengan mudah:
Bayar di
Tempat (Cash on Delivery / COD)
Bagi Anda yang lebih nyaman bertransaksi dengan uang tunai,
kami menerima Bayar di Tempat di kota-kota besar di Indonesia. Dengan
menggunakan kemudahan ini, Anda dapat membayar secara tunai kepada agen
pengiriman setelah menerima pesanan Anda. Pembayaran tunai langsung tidak
dikenakan biaya apapun dan pastikan lokasi Anda berada dalam layanan Bayar di
Tempat kami.
Ketentuan
Metode Pembayaran "Bayar di Tempat"
1. Layanan Bayar di Tempat hanya dapat digunakan untuk transaksi
kurang dari Rp 5.000.000. Untuk pesanan dengan nilai transaksi lebih dari itu,
pembayaran dilakukan dengan kartu kredit atau bank transfer.
2. Ketentuan di atas juga berlaku bila transaksi Anda mencapai
lebih dari Rp 5.000.000 di hari yang sama dengan pesanan yang berbeda.
Bank Transfer
Kami juga menerima pembayaran melalui transfer uang tunai
antarbank. Anda dapat melakukan transfer uang tunai melalui bank Anda dan juga
melalui ATM.
Pengiriman baru dapat diproses bila Anda telah melakukan
konfirmasi pembayaran
Bila
Anda ingin melakukan transfer melalui ATM, kami sangat menyarankan Anda untuk
melakukan transfer melalui ATM Non-Tunai demi kenyamanan Anda. Pastikan Anda
selalu memasukan kode pemesanan sehingga layanan pelanggan kami dapat
mengetahui pembayaran dan proses pemesanan dengan mudah. Untuk tahap akhir
proses pembayaran, silakan lakukan konfirmasi pembayaran dengan mengisi
formulir online dan kami akan lakukan pemeriksaan pembayaran dan memproses
pemesanan Anda.
Kartu Kredit
Di Lazada,
metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dijamin aman dan terpercaya.
Untuk keamanan dan ketenangan Anda saat berbelanja, nomor kartu kredit Anda
akan dilindungi dengan menggunakan sistem sekuritas dan enkripsi standar
industri yang terbaik. Kami akan menjamin kerahasiaan data kartu kredit Anda
dan juga menjamin pengalaman belanja yang aman di situs kami.
Anda dapat menggunakan kartu kredit Visa dan MasterCard, dan
pembayaran dengan menggunakan kartu kredit tidak akan dikenakan biaya tambahan
apapun. Setelah Anda melakukan proses pemesanan melalui kartu kredit, petugas
layanan konsumen kami akan memeriksa validitas kartu kredit Anda dan
menghubungi Anda secara langsung untuk konfirmasi pembelian melalui kartu
kredit. Anda hanya perlu melampirkan bukti fisik kartu kredit dalam bentuk foto
atau scan, jika dibutuhkan.
Barang tidak dapat ditukarkan atau dikembalikan jika
transaksi pembayaran kartu kredit telah berhasil. Anda akan menerima store
credit* jika anda melakukan pembatalan pemesanan sebelom pengiriman diproses.
*Store credit adalah mekanisme pengembalian barang di mana Anda
memperoleh sejenis voucher yang bernilai sama dengan jumlah harga barang
pengembalian yang Anda bayar. Anda dapat menggunakan store credit untuk
melakukan pembelian barang apapun.
4. Pengiriman dan Pengembalian Barang
Lazada
mengirimkan barang pesanan ke seluruh Indonesia. Bekerja sama dengan First
Logistics, JNE, dan RPX Logistic, kami pastikan pengiriman barang Anda aman dan
layanan pelanggan kami akan selalu membantu Anda dengan memberikan informasi mengenai
status pengiriman barang yang Anda pesan.
Pengiriman dilakukan dalam waktu 2 hingga 6 hari kerja. Bila Anda
melakukan metode pembayaran bank transfer, pengiriman baru dapat diproses bila
Anda telah melakukan konfirmasi pemesanan.
PENTING: Perlu diperhatikan bahwa berat
yang tertera pada laman produk adalah berat produk. Biaya pengiriman tidak
hanya ditentukan dari berat produk, tetapi ditentukan pula oleh dimensi kemasan
berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh mitra pengiriman kami (JNE,
First Logistics, dan RPX)
Pengembalian atau Pertukaran Barang.
Bagaimana saya dapat
mengatur pengembalian barang atau pertukaran?
Jika dalam waktu 14 hari sejak diterimanya produk mengalami
kerusakan, Anda dapat mengembalikannya ke Lazada dan kami akan mengembalikan
uang Anda atau memberikan store credit*. Produk harus dalam keadaan belum
digunakan dan segel kemasan tidak rusak. Biaya pengiriman ditanggung oleh
Lazada.
Garansi produk akan berlaku sesuai dengan jangka waktu yang
tercantum pada kertas garansi. Untuk produk dengan garansi resmi, Anda dapat
mengembalikan produk tersebut kepada pihak produsen (pabrik/ distributor)
produk tersebut atau melalui kami, lengkap dengan semua kemasan asli dan
formulir pengembalian.
Anda dapat melakukan pengembalian barang dengan mengisi formulir
online dan ikuti petunjuk untuk proses selanjutnya.
Kebijakan Pengembalian
Anda dapat mengembalikan produk dalam waktu 14 hari dari
penerimaan:
1.
Untuk pengembalian produk cacat, kami akan mengembalikan uang via bank transfer
atau memberikan store credit* apabila barang yang cacat telah diverifikasi
karena adanya cacat saat pembuatan produk (manufaktur). Pelanggan dapat memilih
salah satunya sebagai kompensasi pengembalian barang.
2.
Untuk pengembalian produk tidak cacat atau pengembalian atas inisiatif sendiri,
kami hanya akan menawarkan store credit* kepada pelanggan dan pelanggan dapat
menggunakannya untuk membeli barang apapun dengan harga berapapun.
3.
Untuk produk yang malfungsi (tidak berfungsi dengan baik/ rusak), kami sarankan
Anda untuk langsung menghubungi layanan pelanggan product tersebut agar Anda
dapat memperoleh penanganan langsung Jika tenggang waktu pengembalian anda
sudah lewat dari 14 hari
*Store
credit adalah mekanisme pengembalian barang di mana Anda memperoleh sejenis
voucher yang bernilai sama dengan jumlah harga barang pengembalian yang Anda
bayar. Anda dapat menggunakan store credit untuk melakukan pembelian barang
apapun. Jika harga barang yang Anda beli melebihi nilai store credit, Anda
dapat membayar selisih harga dengan metode pembayaran bank transfer atau bayar
di tempat. Pengembalian uang tidak dapat dilakukan apabila harga barang yang
Anda beli lebih rendah dari store credit yang Anda miliki. Store credit
merupakan kode unik yang hanya dapat digunakan untuk satu kali pembelian dan
hanya berlaku selama 1 (satu) tahun.
PENGECUALIAN:
Pembatalan pembelian produk tidak cacat seperti yang tercantum diatas tidak
berlaku pada jenis produk berikut:
·
Buku, majalah, surat kabar dan
majalah;
·
Audio atau video rekaman (yaitu
CD atau DVD) atau perangkat lunak komputer (yaitu permainan komputer) yang
telah dibuka;
·
Bahan makanan, minuman atau
barang-barang lainnya yang dimaksudkan untuk konsumsi sehari-hari;
·
Bunga dan produk lain yang
cenderung cepat rusak atau berakhir; dan
·
Produk yang pada dasarnya tidak
dapat dikembalikan (yang meliputi eBooks, eMagazines, voucher elektronik, dan
karena alasan kebersihan, iPod, pakaian renang dan anting.
Pengiriman
dan penanganan biaya yang berkaitan dengan proses kembali ditanggung oleh
Lazada.
Catatan:
1.
Lazada akan melakukan
pengecekan produk yang dikembalikan untuk memastikan kondisi barang sesuai
dengan klaim yang diajukan.
2.
Jika barang yang dikembalikan
telah tervalidasi (pengembalian disetujui), Lazada akan mengganti biaya kirim
sesuai Tarif regular/standar yang tercantum pada resi (airway bill).
3.
Jika produk yang dikembalikan
tidak tervalidasi (pengembalian tidak layak untuk diproses lebih lanjut), biaya
pengiriman kembali produk tersebut tidak diganti.
Dengan adanya
layanan belanja online dari Lazada ini, saya menyimpulkan bahwa jaman sekarang
sudah jaman serba praktis termasuk belanja sekalipun. Lazada memberikan
kenyamanan berupa pembayaran dengan sistem Bayar diTempat. Jadi pelanggan tidak
perlu khawatir terjadi penipuan. Serta ada pengembalian barang apabila barang
yang didapat tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan.
Daftar Pustaka
http://www.lazada.co.id
bagus
BalasHapus