Senin, 02 Juni 2014
Pengenalan Pemasaran
=============== Pengenalan Pemasaran =================
Marketing Defined
- Sebuah proses sosial dan manajemen dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dengan orang lain.
OLD View of Marketing New View of Marketing
Making a Sale - "Telling & Selling" "Satisfying Customer Needs"
Model sederhana proses pemasaran
4P :
- Produk - Place
- Price - Promotion
create value for customers and build customer relationships
1. Memahami pasar dan kebutuhan pelanggan dan keinginan
2. Merancang strategi pemasaran yang digerakkan oleh pelanggan
3. Membangun program pemasaran terintegrasi yang memberikan nilai unggul
4. Membangun hubungan yang menguntungkan dan menciptakan kepuasan pelanggan
5. (capture value from customers in return) Menangkap nilai dari pelanggan untuk menciptakan keuntungan dan kepuasan pelanggan
Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
- Kebutuhan adalah keadaan yang muncul dari perasaan kekurangan
- Keinginan adalah bentuk kebutuhan manusia yang terbentuk oleh budaya dan kepribadian seseorang
- Jika didukung oleh daya beli, keinginan menjadi permintaan
Customers Needs, Wants, and Demands
Needs : - Fisik : makanan, pakaian, kehangatan, keamanan
- Sosial : milik dan kasih sayang
- Individu : pengetahuan dan ekspresi diri
Wants : - Kebutuhan manusia yang dibentuk oleh budaya dan kepribadian individu
- (misalnya : saya ingin Coke)
Demands : - Keinginan manusia yang didukung oleh daya beli
Marketing Myopia
- Pemasaran miopia terjadi ketika penjual lebih memperhatikan produk-produk tertentu yang mereka tawarkan dibandingkan dengan manfaat dan pengalaman yang dihasilkan oleh produk
- Mereka fokus pada "keinginan" dan melupakan "kebutuhan".
Designing a Customer-Drivin Marketing Strategy
Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih target pasar dan membangun hubungan yang menguntungkan dengan target pasar tersebut.
STP :
1. Segmentation --> Identify and describe market segments
2. Targeting --> Evalute segments and decide which to go after
3. Positioning --> Design a product or service to meet a segments needs and develop a marketing mix that all create a competitive adventage in the minds of the selected segments
Segmentation
Why segmentation ?
- Mengidentifikasi peluang dan kebutuhan
- Memungkinkan perusahaan untuk fokus pada kebutuhan spesifik
- Meningkatkan bauran pemasaran untuk setiap segmen
- Memungkinkan perusahaan kecil untuk exist
The Marketing Mix
The Marketing Mix :
- Price
- Product
- Promotion
- Place
- People
- Process
- Physical Environment
Daur Hidup Produk
Berkaitan dengan penjualan dan laba dari suatu produk atau jasa sepanjang suatu periode
Tahap daur hidup produk :
- Pengenalan : dilakukan analisis pasar, strategi produk dan pasar, tahap pemunculan produk baru di pasar
- Pertumbuhan : tahap ekspansi secara tepat
- Pematangan : tahap yang ditandai dengan pertumbuhan penjualan yang lambat atau mungkin agak menurun pada saat pasar mulai jenuh
- Penurunan : tahap dimana terjadi penurunan penjualan secara tepat
Product :
Upaya sebuah perusahaan untuk membedakan produknya dari produk pesaing agar produknya tersebut lebih menarik lagi bagi konsumen :
- Rancangan yang unik
- Kemasan yang unik
- Merk yang unik
Price :
- Harga harus sesuai dengan kemauan konsumen dan meyakinkan bahwa konsumen mempunyai uang yang cukup
Promotion :
- Promotion adalah fungsi menginformasikan produk, membujuk orang untuk membeli produk dan mempegaruhi keputusan pembelian
- Integrated Marketing Communications (IMC) adalah koordinasi semua iklan promosi kegiatan-media, direct mail, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat- untuk menghasilkan pesan yang berfokus pada pelanggan.
Promotional Mix --> kombinasi teknik personal selling dan nonpersonal dirancang untuk mencapai tujuan promosi
Personal selling --> Proses promosi interpersonal yang melibatkan penjual tatap muka presentasi kepada calon pembeli
Advertising :
- komunikasi nonpersonal dibayar disampaikan melalui berbagai media dan dirancang untuk mengkonfirmasikan, membujuk atau mengingatkan anggota audiens tertentu.
Sales Promotion :
kegiatan pemasaran nonpersonal selain iklan, personal selling, dan hubungan masyarakat yang merangsang pembelian konsumen dan efektifitas agen.
personal selling :
presentasi promosi orang ke orang calon pembeli
Public Relations :
komunikasi dan hubungan dengan bergagai khayalak organisasi publik. membantu sebuah perusahaan membangun kesadaran barang dan jasa dan membangun citra positif dari mereka
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar