Senin, 02 Juni 2014

Manajemen Strategis


Proses Manajemen Strategis :
Ada 8 :
1. Identifikasi Misi dan sasaran organisasi
2. Analisa Lingkungan kuat

MATRIKS BOG
a. Question Mark, Berarti bahwa dapat tidaknya perusahaan melanjutkan bisnis yang sedang di jalankannya sangat bergantung misalnya pada kondisi keuangan yang ada.
b. Star. Berarti bahwa perusahaan tengah meraih suksesnya dalam bisnis.
c. Cash Cow. Berarti perusahaan tengah mengalami kesuksesan yang tinggi dengan memperoleh pendapatan yang berlebih dari pangsa pasar yang tinggi sekalipun pertumbuhan pasar relatif rendah.
d. Dogs. Berarti perusahaan mengalami kondisi yang buruk dalam sektor bisnis yang di jalankannya.

Maka dapat disimpulkan menggunakan analisis Matriks BCG perusahaan dapat menilai apakah masih perlu di kembangkan atau justru ditutup.

2. Strategi di Tingkat Bisnis
- Strategi di tingkat bisnis adalah strategi yang di lakukan dalam rangka mempertahankan kemampuan kompetensi dari perusahaan di bandingkan para pesaingnya pada bisnis yang sama.

Ada 5 faktor pendorong kompetensi dari Michael Porter :
1. Pelanggan/pembeli

Tugas :
- Mencari profil perusahaan kemudian diteliti.
a. Menjelaskan gambaran umum tipe bisnis perusahaan yang diteliti.
b. Mengidentifikasi bentuk kepemilikan bisnis.
c. Mencari dan menjelaskan keunggulan bisnis yang ditawarkan perusahaan tersebut.
d. Melihat dan menganalisis kinerja bisnis perusahaan yang diteliti.
e. Melihat dan menganalisis resiko bisnis perusahaan yang diteliti.
- Makalah maksimal 20 lembar kertas A4/
- Materi presentasi maks 10 slide waktu 15 menit.
- Presentasi secara kelompok.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar